Mengapa Bisnis Online Perlu Website?

Bisnis online memang sangat perlu website yang fungsional dan representatif. Tanpa website, ibarat kita jualan tapi tanpa toko yang fungsional dan representatif. Hanya seperti jualan asongan atau jualan di lapak pinggir jalan. Memang tetap bisa laris, tapi agak menyulitkan pembeli untuk transaksi berikutnya.

Diantara kesulitan utama jualan tanpa toko online, hanya mengandalkan media sosial :
1. Sulit mencari kategori produk (soalnya postingan di media sosial biasanya hanya urut kronologis atas ke bawah). Media sosial sangat efektif untuk promosi, tapi kurang tepat untuk transaksi.

2. Sulit memperhitungkan total harga ditambah ongkos kirim (harus menghitung manual dan cek ongkos kirim manual). Tidak bisa otomatis. Ini sangat tidak efisien, khususnya jika transaksi sudah mulai banyak.

3. Kurang dipercaya/kurang kredibel.
Nah, ini masalah kepercayaan pembeli. Jualan di media sosial seringkali diragukan calon pembeli, khususnya yang belum pernah transaksi. Wajar karena sekarang ini banyak sekali penipuan jual beli online di media sosial. Berbeda jika ada toko online yang kredibel. Pembeli merasa lebih percaya (walau sebenarnya tetap bukan jaminan bebas penipuan). Tapi berdasarkan pengalaman, dalam waktu sekitar 60 detik-180 detik, saya sudah bisa mengetahui mana toko online beneran (jujur) vs toko online penipuan. (Oleh : Farid Ma'ruf; Satu Langit Team)

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *