Cara Membuat Website dan Toko Online dengan Mudah

Mempunyai website adalah salah satu syarat mutlak jika ingin bisnis online. Bahkan bukan pelaku bisnis online pun juga memerlukan website, misalnya untuk website toko offlinenya, website profile institusi/lembaganya, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan kondisi 15 tahun yang lalu, membuat website saat ini sudah sangat mudah. Di masa lalu, kita harus menguasai kode html atau php untuk bisa membuat website yang menarik. Lazimnya, membuat website hanya bisa dilakukan oleh orang yang mempunyai latar belakang pendidikan di bidang Teknik Informatika. Orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang tersebut akan sangat kesulitan jika ingin membuat website sendiri.

Berbeda sekali dengan kondisi saat ini, sudah sangat banyak tools yang bisa dimanfaatkan untuk membuat website sehingga orang awam pun bisa dengan mudah membuat website sendiri. Baik website company profile, website personal, website berita, maupun website toko online.

 

Bagaimana cara membuat website dengan mudah?

Cara membuat toko online ataupun website sangat mudah.

Langkah-langkahnya adalah sebagai bebrikut :

Pertama, belilah sebuah domain. Domain adalah alamat yang akan diketikkan oleh pengguna internet. Misalnya : detik.com, okezone.com, dan lain sebagainya. Domain dibagi beberapa macam, yaitu Top Level Domain (TLD) ataupun domain negara tertentu, misalnya Id untuk negara Indonesia.

Top Level Domain untuk keperluan bisnis, biasanya digunakan domain dot com. Sementara untuk domain Indonesia digunakan domain co.id.

Pendaftaran Top Level Domain tidak dibutuhkan syarat apapun selain hanya membayar biaya pendaftaran dan perpanjangan domain. Dot com biayanya sekitar Rp125ribu per tahun. Sementara domain Indonesia misalnya co.id, membutuhkan beberapa syarat tambahan berupa identitas diri yang resmi yaitu KTP (untuk domain id) maupun identitas perusahaan seperti NPWP, SIUP, dll untuk domain co.id. Biaya pendaftaran dan perpanjangan domain co.id sekitar Rp150ribu/tahun.

Jika tidak ingin ribet dengan masalah syarat pendaftaran, gunakanlah domain dot com saja. Ada banyak perusahaan domain penjual domain. Beberapa penjual domain yang kami rekomendasikan karena harganya yang relaif murah dan pelayanan baik adalah :  Domainesia dan Niagahoster. Silakan klik tulisan di atas jika ingin membeli di sana.

 

Kedua, beli/sewa hosting. Hosting adalah server komputer tempat menyimpan file-file website kita. Server komputer tersebut biasanya selalu on 24 jam sehari, 7 hari seminggu sehingga setiap saat bisa diakses oleh pengguna internet dari seluruh dunia. Server komputer tersebut biasanya diletakkan di Data Center yang terkoneksi dengan sambungan internet sangat cepat. Oleh karena itu, menyewa hosting adalah pilihan tepat untuk efisiensi biaya daripada menggunakan komputer sendiri di rumah.

Biaya sewa hosting sangat tergantung dengan beberapa hal. Diantaranya adalah kapasitas hosting, lokasi hosting, bandwith bulanan, kecepatan akses, media penyimpanan yang digunakan, berapa pengguna dalam satu server, kualitas layanan, dan masih banyak lagi.

Berapa kapasitas hosting yang dibutuhkan? Tergantung kebutuhan kita. Jika dalam satu postingan berupa teks dan foto dibutuhkan 1MB data, sementara tulisan atau produk anda ada 200 produk, maka kapasitas hosting 300MB sudah cukup.

Dimana lokasi hosting yang tepat? Tergantung dimana target pengunjung website kita. Jika target pengunjung website kita adalah orang Indonesia, maka sebaiknya menggunakan server hosting yang berlokasi di Indonesia. Jika target pengunjung kita adalah orang luar negeri misalnya Amerika Serikat, maka sebaiknya lokasi server hosting di Amerika Serikat. Pemilihan lokasi server ini karena menentukan kecepatan akses. Semakin jauh lokasi server dari lokasi pengunjung website, maka semakin lama diakses. Walaupun, perbedaan waktunya sangat kecil. Bisa jadi hanya berbeda 200 mili second (hanya seperlima detik).

Jenis media penyimpanan yang digunakan biasanya ada dua macam, yaitu Hardisk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD). Server hosting yang menggunakan HDD biasanya berharga lebih murah, sementara SSD lebih mahal. Namun kecepatan aksesnya jauh lehih cepat SSD. Jadi kami sarankan anda memilih server hosting yang menggunakan SSD.

Dimana bisa membeli hosting dengan murah? Untuk Indonesia, kami rekomendasikan seperti penjual domain di atas, yaitu : Domainesia dan Niagahoster. Jika ingin mendapatkan diskon, gunakan kupon yesjogja (dapat diskon 20% di Domanesia) atau a-yesjogja (dapat diskon 40% di Niagahoster).

 

Ketiga, menginstal website. Untuk membangun sebuah website, kita tidak harus memulai sendiri dari nol. Gunakan saja autoinstaller semacam Softaculous. Bisa diakses dari Cpanel. Caranya, buka: domainanda.com/cpanel. Kemudian cari menu Softaculous. Klik saja, kemudian pilih CMS yang akan anda gunakan, misalnya WordPress, Prestahsop, Opencart, dan lain sebagainya. Saran saya, gunakan saja wordpress karena sangat mudah digunakan serta ada banyak sekali template dan plugins yang bisa digunakan.

Tampilan Softaculous
Tampilan Softaculous

 

Keempat, mengisi website dan mendesign. Setelah kita sukses menginstal website, maka selanjutnya adalah mengisi dan mendesign website. Di dalam website ada halaman (page) dan tulisan (post). Gunakan sesuai konsep website anda. Sementara untuk design website, bisa kita gunakan themes yang telah disediakan oleh wordpress atau pihak ketiga yang digunakan untuk CMS wordpress. Jika ingin membuat toko online dengan wordpress, kita bisa menginstal theme toko online ataupun menginstal plugins woocommerce.

 

Demikianlah beberapa langkah mudah dan singkat untuk membuat dan membangun sebuah website ataupun toko online. Cukup mudah dilakukan. Tapi jika anda merasa penjelasan di atas masih terlalu singkat dan kurang mendalam (anda masih merasa bingung), cobalah untuk belajar dari materi pembelajaran khusus di bawah ini. Penjelasan jauh lebih mendalam dan lengkap step by step.

Silakan buka link pembelajaran DI SINI yang meliputi :

  1. Panduan memilih Domain dan Hosting yang tepat untuk SEO Branding.
  2. Cara menginstal Website dan Theme responsive (bisa diakses di HP/tablet), cara setting permalink, dan seting agar SEO Freindly (mudah diindex mesin pencari Google).
  3. Panduan membuat website Toko Online yang profesional, panduan memasukkan produk, dan panduan lain yang khusus untuk kelengkapan toko online.

Panduan-panduan di atas dibuat dalam bentuk video pembelajaran (ada 60 video) sehingga sangat memudahkan orang awam untuk mengikuti langkahnya step by step. Jika anda merasa belum ada pengalaman dan jam terbang tinggi dalam membuat website, kami sarankan untuk menyimak semua videonya lengkap dari awal sehingga tidak ada materi yang anda lewatkan.

Untuk memudahkan dalam praktek, paket video pembelajaran di atas juga dilengkapi dengan :

  1. Template graphic yang mudah diedit. Sudah tentu website kita akan lebih menarik jika ada banyak image/gambar yang menarik. Tanpa gambar, hanya teks saja, maka website kita akan kelihatan sepi dan tidak menarik. Sayangnya, untuk membuat gambar juga tidak mudah. Butuh keahliaan tersendiir yaitu graphic design. Nah, untuk memudahkan, maka telah disiapkan puluhan template graphic design yang bisa kita edit tanpa harus kuliah graphic design.
  2. Plugins untuk optimasi website seperti social share, paid download, dll.
  3. Image untuk backgroun website.
  4. Video strategi bisnis online (cara membuat fans page toko online, cara mendapatkan pengunjung dari media sosial, cara mencari supplier, list hot market toko online, dll).

Dan masih ada banyak informasi yang bisa anda dapatkan di sana. Silakan langsung akses saja DI SINI.

Semoga sukses.

(Farid Ma’ruf; Tim Belajar Bisnis)

 

*Dilarang mengcopy sebagian atau keseluruhan tulisan ini jika tanpa menyebutkan penulis asli dan link website sumbernya.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *