4 Langkah Berjualan Online sampai Mendapatkan Transaksi Penjualan

Berjualan online saat ini sudah sangat mudah. Tinggal buka akun di marketplace, anda sudah bisa langsung jualan. Hanya butuh beberapa menit, lapak anda langsung online, bisa diakses dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Perhitungan ongkos kirim dan fasilitas rekening bersama pun sudah ada marketplace yang sediakan. Atau buka lapak di media sosial. Buka akun, cari teman, kemudian posting atau braoadcast.

Wajar jika ada banyak penjual yang benar-benar mengandalkan marketplace atau media sosial untuk berjualan.  Memang bisa seperti itu. Mudah dan menyenangkan.

Tapi, ada masalah besar di sana. Sadarkah?

Apa masalahnya?

Pertama, tempat jualan tersebut bukan milik anda sendiri. Anda hanya menumpang. Sebagai penumpang, sewaktu-waktu bisa diusir atau ditutup oleh pemilik tempatnya, dengan alasan yang mungkin tidak bisa anda terima. Bayangkan, anda punya halaman di media sosial, sudah ada puluhan ribu likers, juga ramai komentar, dan banyak transaksi. Anda pun sudah investasi uang tidak sedikit untuk membesarkan halaman anda tersebut. Eh, tiba-tiba oleh pemilik media sosial tersebut, halaman bisnis anda ditutup begitu saja (tentu karena melanggar aturan yang ditetapkan media sosial tersebut, yang bisa jadi anda tidak sadar). Apa jadinya? Lapak langsung tutup. Ibarat toko ramai, tiba-tiba digusur paksa. Dan anda pun kehilangan pembeli. Apa jadinya?

 

Kedua, susah berkembang. Bisnis di media sosial atau marketplace memang bisa, dan pembeli juga ada. Tapi jika hanya pakai media sosial atau marketplace saja, maka akan sulit berkembang. Stabil dalam artian, ya begitu-begitu saja.

Solusinya? Gunakan keduanya, yaitu marketplace dan media sosial untuk mengenalkan website anda kepada calon pembeli.

Lantas, bagaimana langkahnya?

  1. Buat Website Penjualan.

Menumpang di marketplace atau media sosial memang bisa untuk berjualan. Tapi itu sebatas jangka pendek. Untuk jangka panjang, butuh website. Coba perhatikan bisnis-bisnis besar, apakah mereka bermain di marketplace dan media sosial? Benar, iya. Tapi mereka juga mempunyai website yang baik. Para calon pembeli yang datang ke media sosial, mereka ajak ke website mereka.

Tapi saya tidak bisa membuat website?

Tidak ada masalah. Sekarang sudah banyak penyedia jasa pembuatan website dengan biaya murah. Misalnya Satu Langit Web Design. Perusahaan yang berbasis di Yogyakarta ini melayani jasa pembuatan website Toko Online ataupun Company Profile dengan biaya murah. Bahkan bersedia membuatkan website yang sesuai budget klien. Coba anda buka websitenya di : www.satulangit.co.id.

 

  1. Menyiapkan Media Sosial.

Untuk berjualan, tentu kita butuh adanya calon pembeli. Nah, calon pembeli bisa anda dapatkan dari keramaian. Di dunia online, media sosial adalah salah satu keramaian yang bisa anda datangi. Tapi ingat, di media sosial, utamanya bukan untuk transaksi, tapi sebagai sarana perkenalkan. Selanjutnya anda ajak ke website.

 

  1. Menyiapkan SEO

Ini sebenarnya bisa juga dilakukan digabung dengan langkah pertama, yaitu SEO On Page. Lebih bagus jika ditambah SEO Off Page (tidak akan kita bahas sekarang). Tapi ini sebenarnya tergantung produk anda juga. Untuk produk fashion misalnya jilbab, fokus di media sosial kemudian website, sudah cukup. Karena media sosial itu caranya adalah dengan “iming-iming” tertarget. Sementara untuk produk yang memang orang butuh (sehingga calon pembeli mencarinya), maka anda butuh SEO.

Sebagai contoh. AC di rumah Pak Amir rusak (banyak debu, butuh dicuci). Ia butuh mencari perusahaan penyedia jasa service AC. Kira-kira, Pak Amir akan membuka facebook kemudian mencari jasa service AC, ataukah akan membuka Google kemudian mencari jasa service AC?

Kemungkinan kedua lebih besar. Ia akan mencarinya di mesin pencari seperti Google. Nah, di sini anda perlu bermain SEO dan menyiapkan website sebagai landing page-nya.

SEO susah. Benar, memang iya. Silakan cari saja penyedia jasa SEO. Tapi pastikan yang terpercaya, bukan abal-abal. Saya sudah mengikuti training yang diselenggarakan langsung oleh Google. Berdasarkan informasi dari tim Google, algoritma Google itu selalu dikembangkan. Intinya, Google ingin menampilkan hasil yang paling relevan dengan apa yang dicari pengguna. Jadi jika ada yang menjamin pasti bisa di halaman satu atau nomor satu, anda patut berhati-hati. Tidak ada yang bisa menjamin hal tersebut. Bahkan jika penyedia jasa tersebut menggunakan teknik yang tidak sesuak aturan Google (biasa disebut Black Hat), maka walaupun dalam satu bulan website anda bisa nangkring di halaman pertama, tapi bisa jadi beberapa waktu setelahnya website anda melorot, bahkan bisa de-index, alias dihapus dari index Google. Bahaya bukan? Oleh karena itu, harus hati-hati. Percayakan saja kepada yang tidak berjanji muluk-muluk, tapi bekerja dengan benar. Anda bisa mengubungi saya jika ingin mencari Jasa SEO yang profesional dan bisa dipercaya.

 

  1. Menyiapkan Customer Service yang Handal.

Setelah melakukan ketiga hal di atas, jangan langsung berharap lapak anda laris manis. Belum, sabar dulu. Calon pembeli biasanya masih suka bertanya-tanya dulu sebelum membeli. Mereka biasa bertanya via chat WA, Line, BBM atau yang lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya anda buka semua akun aplikasi chatting tersebut. Sebagian juga suka menelpon. Maka perlu disiapkan CS (bisa anda sendiri di awal bisnis) yang respon cepat dan tepat melayani customer. Pastikan CS sabar dan tidak menangan. Tidak ada gunanya menang-menangan dengan pembeli, walaupun sebenarnya ada benar, dan calon pembeli yang salah.

 

Sudah dilakukan semuanya?

Jika anda melakukannya dengan benar, Insya Allah ada harapan besar bisnis anda akan ramai dan laris. Jika masih sepi bagaimana? Coba direview lagi semua langkah di atas, lakukan perbaikan secara terus menerus. Jangan sampai website dibuat kemudian dibiarkan saja tidak terurus. Website harus dibuka dan diurus setiap hari, sama seperti kiat mengurus rumah atau toko fisik. Sehari saja tidak dikunjugi, bisa jadi sudah kotor dan nampak tidak menarik.

Demikian beberapa langkah praktis dalam membuka bisnis online. Semoa bermanfaat. Jika anda memiliki kendala dalam melakukan langkag-langkah di atas, tidak perlu sungkan-sungkan untuk mengubungi saya. Insya Allah sebisa mungkin akan saya usahakan membantu. (Farid Ma’ruf; Web Developer dan Pelaku Bisnis Online; ingin kenal dengan saya lebih dekat? klik saja : http://about.me/faridmaruf/)

Tulisan ini dipublikasikan pertama kali di : www.satulangit.co.id; jasa pembuatan website murah. Boleh dicopy paste dengan tanpa mengubah semua konten isinya termasuk link, serta menyebutkan sumbernya.

 

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *