Nasib Bisnis yang Tidak Ditemukan di Internet

Ketika ada orang mencari suatu produk yang ia butuhkan, kemana ia akan mencari tahu siapa dan dimana ada penjualnya?

Di masa lalu, mungkin ia akan bertanya kepada teman, saudara, atau tetangga.

Tetapi di zaman sekarang, ia akan mencarinya di mesin pencari. Benar?

Jika setelah Googling ia menemukan informasi ada toko yang menyediakan produk yang ia cari, harga juga sesuai budgetnya, sangat mungkin ia akan datangi toko tersebut dan beli di sana. Read more

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H

Segenap Tim Satu Langit Web Design mengucapkan:

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Taqabalallahu Minna Waminkum. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Semoga Allah menerima amal ibadah kita semua. Selamat lebaran dan selamat berkumpul bersama keluarga.

Salam Hangat,

Tim Satu Langit

 

selamat lebaran

Web Toko Online Murah

Website toko online dengan beragam fitur yang diharapkan mampu mendongkrak penjualan anda. Sudah dilengkapi banyak fitur profesional yang siap pakai.

Fitur :

  1. Gratis Domain Dot Com
  2. Gratis SSD Hosting
  3. Dijamin masuk index mesin pencari Google
  4. Design menarik.
  5. Responsive (menyesuaikan layar HP/gadget yang dipakai).
  6. Perhitungan total belanja otomatis.
  7. Member login.
  8. Kupon Diskon.
  9. Bantuan posting produk 16 buah.
  10. Bisa menjual produk fisik maupun digital.

Demo website : https://www.hijrah.web.id/online-shop/

Catatan : Di demo website ada tambahan SSL dan Live Chat yang termasuk fitur opsional.

Fitur Opsional

  1. Enkripsi SSL =Rp100.000
  2. Fitur Ongkir =Rp350.000 (POS, JNE, Wahana, J&T, RPX, SAP Express, SI Cepat, NSS Express
  3. Kode Unik (metode acak) =Rp100.000
  4. Kode Unik (metode nomor HP) =Rp150.000
  5. Logo Header =Rp200.000
  6. Live Chat. WA, Telp, SMS=Rp100.000, Telegram, BBM, Line =Rp50.000. FB Messenger =Rp50.000
  7. Fitur Bahasa Indonesia =Rp100.000
  8. Email 50/jam =Rp100.000 (deafult adalah 10 email/jam)
  9. Cloudflare CDN versi free =Rp100.00
  10. Akun email domain =Rp100.000 (misalnya : [email protected])

Call Us Now

08175423370

Memenangkan Hati Pembeli yang Semakin Cerdas

Di masa lalu, ketika seseorang mendapatkan sebuah iklan yang menarik, entah itu iklan cilik di koran ataupun brosur di jalan, ia akan mencari tahu kebenaran iklan tersebut. Entah bertanya kepada keluarga, atau teman. Jika informasinya mendukung, ia baru akan putuskan membeli produk tersebut. Memang, iklan itu ternyata hanya stimulus. Orang jarang yang langsung memutuskan membeli produk hanya berdasarkan iklan saja.

 

Di era sekarang, kondisi agak sedikit berbeda. Ketika seseorang mendapatkan iklan, ia tidak perlu repot-repot bertanya langsung kepada teman untuk minta pertimbangan. Teman juga belum tentu tahu kan? Ia dengan mudah akan bertanya kepada Google. Ya, itu cara yang paling mudah.

 

Misalnya saja ya. Seorang pemuda bernama Palgunadi mendapatkan sebuah brosur iklan “Bubur Ayam Mbak Arimbi dijamin Enak”. Apakah ia akan langsung percaya saja dan beli? Belum tentu. Ia akan cari-cari dulu informasi tentang “Warung Bubur Ayam Mbak Arimbi” di Google. Dimana alamatnya, bagaimana fisik warungnya, bagaimana rasanya, bagaimana komentar mereka yang sudah pernah jajan di sana, berapa harganya, dlsb ia cari-cari. Jika misalnya saja, ia mendapatkan review konsumen di media sosial “Jajan di sini mengecewakan. Masak bubur ayam segini saja harganya Rp100ribu! Benar-benar nuthuk pembeli ini namanya…”.  Kira-kira, apakah Palgunadi akan jadi membeli bubur di Warung Bubur Ayam Mbak Arimbi? Tergantung. Jika ia mendapatkan informasi lain yang lebih banyak yang menyebutkan bahwa harga buburnya ternyata tidak segitu, mungkin ia tidak akan percaya komentar negatif tersebut. Tapi jika berapa harga bubur tersebut yang benar tidak ia temukan, mencari website “Warung Bubur Ayam Mbak Arimbi” juga tidak ada, sangat mungkin ia akan percaya. Ia batalkan niatnya jajan di warung “Bubur Ayam Mbak Arimbi”.

 

Akhirnya ia coba cari-cari di Google warung bubur ayam yang enak. Di hasil pencarian, ia menemukan website “Warung Bubur Ayam Mbak Anggraini”. Di websitenya, ia temukan foto dan daftar menunya. Nampaknya enak-enak. Di sana juga ada daftar harga di sana. Semangkuk bubur, harganya hanya Rp10ribu. “Ramah kantong”, batinnya. Namun Palgunadi tidak langsung memutuskan beli. Ia ingin tahu juga bagaimana komentar para pembeli di warung tersebut. Mata Palgunadi tertuju pada link media sosial “Warung Bubur Ayam Mbak Anggraini”. Di sana ada link media sosial : Instagram, FB Fanspage, juga Google Maps. Ia baca-baca postingan di media sosial dan komentar-komentarnya.

 

Ia menemukan komentar :

Setyowati : “ Alhamdulillah puas jajan di sini. Buburnya enak.”

Arjuna : “Alhamdlullah wareg, buburnya mantap.”

Arimbi : “Anakku seneng banget makan di sini.”

Dan masih banyak lagi komentar positif.

Akhirnya, Palgunadi memutuskan akan jajan bareng istrinya di Warung Bubur Ayam Mbak Anggraini.

 

Pertanyaan besarnya?

  1. Apakah benar harga di Warung Bubur Ayam Mbak Arimbi lebih mahal daripada harga di Warung Bubur Ayam Mbak Anggraini? Belum tentu.
  2. Apakah benar rasa bubur di Warung Bubur Ayam Mbak Arimbi kalah enak dengan rasa bubur di Warung Bubur Ayam Mbak Anggraini? Belum tentu.

 

Tapi, mengapa Palgunadi memilih mantap jajan di Warung Bubur Ayam Mbak Anggraini? Bukan di Warung Bubur Ayam Mbak Arimbi?

 

Sebabnya adalah, pemilik bisnis Warung Bubur Ayam Mbak Anggraini berhasil memenangkan hati pelanggan. Ibarat pertempuran, ia menang sebelum bertanding. Beda dengan pemilik bisnis Warung Bubur Ayam Mbak Arimbi. Bisa saja harga di sana lebih murah, rasanya juga lebih enak. Tapi karena ia gagal mengkomunikasikan, ya akhirnya berakhir zonk.

 

Oleh karena itu, memenangkan hati pembeli sangat penting, bahkan sebelum si pembeli tersebut datang ke tempat penjualnya, sebelum si pembeli itu melihat produknya. Bagaimana caranya?

 

Ditulis oleh : *Farid Ma’ruf (Web Developer; owner www.satulangit.co.id)*

 

 

Cara Berjualan Online dengan Menggunakan Website

Bisnis di zaman sekarang sangat terbantu dengan adanya akses internet dan masyarakat yang juga aktif berselancar di internet. Bisnis pun bisa berkembang pesat melebihi kondisi di masa-masa sebelumnya. Salah satu cara melejitkan omset adalah dengan berjualan dengan menggunakan website. Ada dua hal yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini, yaitu website Company Profile dan Website Toko Online.

Read more

Kerugian Iklan yang Tidak Tuntas

Pernahkah kita membaca iklan atau menemukan brosur penawaran tentang suatu produk yang sedang kita butuhkan? Mungkin pernah. Apa yang kita lakukan setelah menemukan iklan tersebut?

 

Iklan atau penawaran tentu isinya ringkas, tidak mungkin memuat semua informasi tentang suatu perusahaan. Apalagi iklan di media massa. Seringkali sangat singkat, hanya beberapa baris saja. Sementara untuk memutuskan bertransaksi atau tidak, tentu kita membutuhkan banyak informasi tambahan, misalnya jenis, spesifikasi, harga, sistem pembayaran, dan lain sebagainya. Dimana kita bisa mendapatkan semua informasi tersebut? Read more

4 Langkah Berjualan Online sampai Mendapatkan Transaksi Penjualan

Berjualan online saat ini sudah sangat mudah. Tinggal buka akun di marketplace, anda sudah bisa langsung jualan. Hanya butuh beberapa menit, lapak anda langsung online, bisa diakses dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Perhitungan ongkos kirim dan fasilitas rekening bersama pun sudah ada marketplace yang sediakan. Atau buka lapak di media sosial. Buka akun, cari teman, kemudian posting atau braoadcast.

Wajar jika ada banyak penjual yang benar-benar mengandalkan marketplace atau media sosial untuk berjualan.  Memang bisa seperti itu. Mudah dan menyenangkan.

Tapi, ada masalah besar di sana. Sadarkah?

Apa masalahnya?

Pertama, tempat jualan tersebut bukan milik anda sendiri. Anda hanya menumpang. Sebagai penumpang, sewaktu-waktu bisa diusir atau ditutup oleh pemilik tempatnya, dengan alasan yang mungkin tidak bisa anda terima. Bayangkan, anda punya halaman di media sosial, sudah ada puluhan ribu likers, juga ramai komentar, dan banyak transaksi. Anda pun sudah investasi uang tidak sedikit untuk membesarkan halaman anda tersebut. Eh, tiba-tiba oleh pemilik media sosial tersebut, halaman bisnis anda ditutup begitu saja (tentu karena melanggar aturan yang ditetapkan media sosial tersebut, yang bisa jadi anda tidak sadar). Apa jadinya? Lapak langsung tutup. Ibarat toko ramai, tiba-tiba digusur paksa. Dan anda pun kehilangan pembeli. Apa jadinya?

 

Kedua, susah berkembang. Bisnis di media sosial atau marketplace memang bisa, dan pembeli juga ada. Tapi jika hanya pakai media sosial atau marketplace saja, maka akan sulit berkembang. Stabil dalam artian, ya begitu-begitu saja.

Solusinya? Gunakan keduanya, yaitu marketplace dan media sosial untuk mengenalkan website anda kepada calon pembeli.

Lantas, bagaimana langkahnya?

  1. Buat Website Penjualan.

Menumpang di marketplace atau media sosial memang bisa untuk berjualan. Tapi itu sebatas jangka pendek. Untuk jangka panjang, butuh website. Coba perhatikan bisnis-bisnis besar, apakah mereka bermain di marketplace dan media sosial? Benar, iya. Tapi mereka juga mempunyai website yang baik. Para calon pembeli yang datang ke media sosial, mereka ajak ke website mereka.

Tapi saya tidak bisa membuat website?

Tidak ada masalah. Sekarang sudah banyak penyedia jasa pembuatan website dengan biaya murah. Misalnya Satu Langit Web Design. Perusahaan yang berbasis di Yogyakarta ini melayani jasa pembuatan website Toko Online ataupun Company Profile dengan biaya murah. Bahkan bersedia membuatkan website yang sesuai budget klien. Coba anda buka websitenya di : www.satulangit.co.id.

 

  1. Menyiapkan Media Sosial.

Untuk berjualan, tentu kita butuh adanya calon pembeli. Nah, calon pembeli bisa anda dapatkan dari keramaian. Di dunia online, media sosial adalah salah satu keramaian yang bisa anda datangi. Tapi ingat, di media sosial, utamanya bukan untuk transaksi, tapi sebagai sarana perkenalkan. Selanjutnya anda ajak ke website.

 

  1. Menyiapkan SEO

Ini sebenarnya bisa juga dilakukan digabung dengan langkah pertama, yaitu SEO On Page. Lebih bagus jika ditambah SEO Off Page (tidak akan kita bahas sekarang). Tapi ini sebenarnya tergantung produk anda juga. Untuk produk fashion misalnya jilbab, fokus di media sosial kemudian website, sudah cukup. Karena media sosial itu caranya adalah dengan “iming-iming” tertarget. Sementara untuk produk yang memang orang butuh (sehingga calon pembeli mencarinya), maka anda butuh SEO.

Sebagai contoh. AC di rumah Pak Amir rusak (banyak debu, butuh dicuci). Ia butuh mencari perusahaan penyedia jasa service AC. Kira-kira, Pak Amir akan membuka facebook kemudian mencari jasa service AC, ataukah akan membuka Google kemudian mencari jasa service AC?

Kemungkinan kedua lebih besar. Ia akan mencarinya di mesin pencari seperti Google. Nah, di sini anda perlu bermain SEO dan menyiapkan website sebagai landing page-nya.

SEO susah. Benar, memang iya. Silakan cari saja penyedia jasa SEO. Tapi pastikan yang terpercaya, bukan abal-abal. Saya sudah mengikuti training yang diselenggarakan langsung oleh Google. Berdasarkan informasi dari tim Google, algoritma Google itu selalu dikembangkan. Intinya, Google ingin menampilkan hasil yang paling relevan dengan apa yang dicari pengguna. Jadi jika ada yang menjamin pasti bisa di halaman satu atau nomor satu, anda patut berhati-hati. Tidak ada yang bisa menjamin hal tersebut. Bahkan jika penyedia jasa tersebut menggunakan teknik yang tidak sesuak aturan Google (biasa disebut Black Hat), maka walaupun dalam satu bulan website anda bisa nangkring di halaman pertama, tapi bisa jadi beberapa waktu setelahnya website anda melorot, bahkan bisa de-index, alias dihapus dari index Google. Bahaya bukan? Oleh karena itu, harus hati-hati. Percayakan saja kepada yang tidak berjanji muluk-muluk, tapi bekerja dengan benar. Anda bisa mengubungi saya jika ingin mencari Jasa SEO yang profesional dan bisa dipercaya.

 

  1. Menyiapkan Customer Service yang Handal.

Setelah melakukan ketiga hal di atas, jangan langsung berharap lapak anda laris manis. Belum, sabar dulu. Calon pembeli biasanya masih suka bertanya-tanya dulu sebelum membeli. Mereka biasa bertanya via chat WA, Line, BBM atau yang lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya anda buka semua akun aplikasi chatting tersebut. Sebagian juga suka menelpon. Maka perlu disiapkan CS (bisa anda sendiri di awal bisnis) yang respon cepat dan tepat melayani customer. Pastikan CS sabar dan tidak menangan. Tidak ada gunanya menang-menangan dengan pembeli, walaupun sebenarnya ada benar, dan calon pembeli yang salah.

 

Sudah dilakukan semuanya?

Jika anda melakukannya dengan benar, Insya Allah ada harapan besar bisnis anda akan ramai dan laris. Jika masih sepi bagaimana? Coba direview lagi semua langkah di atas, lakukan perbaikan secara terus menerus. Jangan sampai website dibuat kemudian dibiarkan saja tidak terurus. Website harus dibuka dan diurus setiap hari, sama seperti kiat mengurus rumah atau toko fisik. Sehari saja tidak dikunjugi, bisa jadi sudah kotor dan nampak tidak menarik.

Demikian beberapa langkah praktis dalam membuka bisnis online. Semoa bermanfaat. Jika anda memiliki kendala dalam melakukan langkag-langkah di atas, tidak perlu sungkan-sungkan untuk mengubungi saya. Insya Allah sebisa mungkin akan saya usahakan membantu. (Farid Ma’ruf; Web Developer dan Pelaku Bisnis Online; ingin kenal dengan saya lebih dekat? klik saja : http://about.me/faridmaruf/)

Tulisan ini dipublikasikan pertama kali di : www.satulangit.co.id; jasa pembuatan website murah. Boleh dicopy paste dengan tanpa mengubah semua konten isinya termasuk link, serta menyebutkan sumbernya.

 

7 Langkah Banjir Orderan di Facebook.

Gratis.

Ingin belajar trik banjir orderan lewat facebook tanpa iklan berbayar, tanpa posting di banyak grup?

Materi akan di kirimkan via Channel Telegram (khusus yang tidak punya Telegram, akan dikirimkan via WA; silakan request ke admin setelah mendaftar).

Boleh share kepada teman-teman Anda yang sekiranya membutuhkan ^_^

Materi akan mulai dikirim tanggal 03 Februari 2018

 

Catatan Penting  :

  1. Mengisi form pendaftaran di link INI
  2. Setelah mengisi form pendaftaran di link tsb, anda bisa bergabung di Channel Telegram (klik tautan bergabung setelah selesai mengisi formulir).
  3. Setelah bergabung, wajib japri ke admin via WA : Nama dan Asal Kota. Misalnya : Agus Prasetyo – Surabaya. Nomor admin 08175423370 (atau klik : http://bit.ly/faridm)

Jasa Pembuatan Website Murah

Website saat ini sudah menjadi kebutuhan bisnis online maupun offline. Perusahaan sudah tentu membutuhkan website untuk menampilkan usahanya di internet. Bisnis perorangan pun membutuhkan website agar tetap bisa eksis mengikuti perkembangan zaman.  Sekarang sudah mudah untuk mencari jasa pembuatan website. Di berbagai kota atau propinsi besar seperti Yogyakarta, Bali, Banten, maupun Jakarta sudah banyak web design murah yang bisa anda gunakan. Dengan biaya murah, anda sudah bisa membeli domain dan hosting untuk digunakan sebagai website perusahaan atau company profile. Website toko online juga bisa menggunakan hosting yang tidak terlalu mahal. Sementara untuk domain, anda sebaiknya menggunakan extensi yang sesuai misalnya dot com untuk bisnis.

Read more